Selasa, 18 Agustus 2015

Kehidupan Masyarakat Desa Labang



Description: E:\kkn\foto\nikahan\DSC_0171.JPG
Menurut pengamatan kami dari kelompok KKN 34, yang bertempat di Desa Labang, Kecamatan Labang. Bahwa sebenarnya Desa Labang mempunyai beberapa hasil bumi yang belum mampu diupayakan atau diolah secara maximal.
Dalam musim kemarau banyak ladang yang kosong karena tidak ada sumber air yang cukup. Mayoritas masyarakat Labang ketika musim penghujan bermata pencaharian sebagai petani, selepas dari musim penghujan masyarakat Labang tidak lagi bertani, melainkan mencari mata pencaharian lain seperti merantau ke kota-kota Industri, seperti Surabaya dan lain sebagainya.
Sebenarnya terdapat beberapa potensi alam yang belum diolah secara maximal di Desa Labang. Salah satunya adalah bambu, bnayak terdapat pohon bambu di beberapa Dusun di Desa Labang. Namun sayangnya pohon bambu tersebut belum mampu dimanfaatkan untuk kerajinan yang mempunyai nilai lebih. Dan disini kami dari kelompok KKN 34, mencoba untuk mengoptimalkan potensi alam yang ada, seperti membuat kerajinan dari bambu.
Ada rumah produksi di salah satu Dusun di Desa Labang, tepatnya di Dusun Labang Timur. Rumah Produksi tersebut memproduksi Kuda Lumping atau biasa disebut dengan kerajinan Kuda Lumping yang dimiliki Abah Basyid. Kerajinan Kuda Lumping tersebut mampu menyerap tenaga kerja untuk pemuda-pemudi di Desa Labang  yang belum mempunyai pekerjaan.
Description: E:\kkn\foto\kerajinan bambu\DSCN0928.JPGMasyarakat Desa Labang kental nuansa keagamaanya yang khas Madura dan tetap memegang erat nilai-nilai adat yang ada, masyarakat Desa Labang sangat menjunjung tinggi norma dan nilai yang ada sejak pendahulunya, etika menjadi tolak ukur baik-buruk dan identitas Desa-Kota.
Masyarakat Desa Labang mengutamakan musyawarah mufakat dalam mencari solusi jika ada permasalahan. Alhamdulillah kedatangan kami disambut dan dijamu dengan baik oleh masyarakat Desa Labang, kami selalu dipandu oleh aparatur Desa Labang. Kami benar-benar masuk dalam kehidupan bermasyarakat yang ada di Desa Labang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar