Selasa, 18 Agustus 2015

Produk

Pembuatan Produk dari Hasil Perikanan
DSC_0021.JPGSetelah memberikan penyuluhan kepada masyarakat desa Labang, selanjutnya kelompok 34 akan melaksanakan kegiatan langsung, yaitu bekerja sama dengan masyarakat untuk membuat produk-produk yang bahan utamanya berasal dari ikan gurame. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada masyarakat agar masyarakat dapat memanfaatkan hasil panen ikan, adapun produk tersebut diantaranya adalah:
1)  Nugget ikan gurame
Ikan Gurame merupakan ikan yang banyak memiliki kadar protein yang sangat tinggi dan kandungan lemak yang rendah dengan kisaran 19% protein dan hanya 2,2% kandungan lemak dalam daging Gurame dan sementara sekitar 70% sisanya terdiri dari vitamin, serat, dan air. Selain itu kandungan yang dimiliki ikan gurame lainnya adalah zat posfor 169 mg, kalsium 283 mg. Oleh sebab itu, ikan gurame cocok untuk diolah menjadi nugget.
Nugget merupakan makanan yang digemari oleh anak-anak. Biasanya nugget menjadi bekal favorit untuk anak di sekolah. Variasi nugget sangat beragam, namun nugget ikanlah yang paling menjadi favorit bagi anak-anak. Banyak nugget ikan yang dijual di pasaran yang dikombinasikan dengan berbagai varian rasa. Namun, ada baiknya Anda berhati-hati dan selektif memilih nugget, sebab banyak sekali produsen nakal yang sering mencampurkan bahan busuk atau berbahaya pada makanan.
Untuk menghindari hal tersebut, alangkah baiknya jika membuat nugget sendiri. Dengan membuat nugget ikan sendiri, tentulah akan mendapatkan nugget yang higienis dengan bahan yang berkualitas sehingga tidak membahayakan kesehatan tubuh. Untuk itu, kelompok 34 akan memaparkan  bagaimana cara membuat nugget ikan gurame yang mudah.
2)  Krupuk tulang ikan
Krupuk tulang ikan merupakan makanan ringan yang berbahan dasar tulang ikan yang nantinya dijadikan krupuk, sehingga dapat dinikmati oleh kalangan masyarakat. Namun, sebelum tulang ikan dijadikan kerupuk terlebih dahulu ikan dijadikan tepung. Krupuk tulang ikan memiliki rasa yang khas, dan nikmat. Pembuatan krupuk tulang ikan bisa dibilang cukup mudah. Adapun alur pembuatan tepung tulang ikan adalah:
3)  Abon ikan gurame
Abon ikan merupakan makanan yang cukup digemari oleh masyarakat. Makanan ini cukup praktis dan mudah dibuat. Cara membuat abon ikan dan Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat abon ikan gurame cukup mudah.

Pengemasan
Kemasan dapat didefinisikan sebagai seluruh kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau bungkus atau kemasan suatu produk. Kemasan meliputi tiga hal, yaitu merek, kemasan itu sendiri dan label. Dalam kemasan Nugurt, Krupuk tulanag dan Abon ikan gurame menggunakan jenis kemasan Almunium Foil.

Pemasaran
Produk ini bukanlah hal yang baru bagi masyarakat di Desa Labang, namun menjadi hal yang baru apabila produk tersebut menggunaka bahan dasar ikan. Untuk memperkenalkan produk baru tersebut perlu adanya beberapa hal yang harus dilakukan. Diantaranya yang paling utama adalah pemasaran, teknik pemasaran produk yang digunakan kelompok 34 merupakan marketing mix yakni pemasaran 4P yaitu Product, Price, Place, Promotion.
Setelah produk sudah jadi maka hal yang dilakukan selanjutnya yaitu menghitung harga penjualan yang tepat sehingga tidak begitu mahal untuk dibeli konsumen. Distribusi yang kami lakukan dengan menjual di pasar Labang dengan outlet, dititipkan sekitar jalan Suramadu, toko-toko dan tempat makanan khas. Promosi yang lakukan dengan melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga memperkenalkan produk dan demonstrasi produk. Selain itu kita memberikan promosi berupa bonus disetiap pembelian produk kami. Bukan hanya itu saja, mengingat saat ini media online sangat marak diperbincangkan utama dalam hal penjual serta promosi online.
Banyk hal yang kita dapet dari online mulai promosi yang bisa dilihat oleh masyarakat luas dan juga sistem penjualan online yang sangat menguntungkan oleh karena itu kita selaku produsen akan menggunakan promosi da penjualan secara online dan juga dipromosikan dalam web desa sehingga desa Labang memiliki makanan khas tersendiri. Setelah itu, diharapkan produk kami dapat dikenal oleh kalangan masyarakat dan menjadi komoditas makanan sehat yang disukai semua kalangan masyarakat.



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar